Kamis, 13 Agustus 2020

3 Manfaat Online Assessment untuk Rekrutmen Karyawan Baru

Online Assessment

Bagi HR People, permasalahan tentang membludaknya kandidat pelamar dari pelbagai job portal bukanlah persoalan baru. Sayangnya, belum banyak yang tahu dan mau memanfaatkan pemecahan masalah era digital ini dengan solusi berbasis digital pula. Padahal, online assessment Indonesia dari ASI Asia Pacific adalah contoh jalan keluar untuk permasalahan tersebut.


Apa itu online assessment?

Online assessment adalah wadah uji kompetensi kandidat yang umumnya dibekali dengan teknologi artificial intelligent (AI) untuk penilaian hasil tes dan dilakukan dalam jaringan internet. Platform uji kompetensi ini biasanya terdiri dari beberapa jenis tes, seperti tes psikometri, tes kemampuan bekerja, tes kebahasaan dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang online assessment platform dari ASI Asia Pacific, silakan kunjungi situsnya di https://www/asi-asiapacific.com/.


Beberapa keuntungan dari online assessment platform bagi HR People adalah sebagai berikut:


1.     Memangkas waktu pekerjaan

Seperti yang sudah disinggung di atas, jumlah kandidat pelamar yang masuk dari berbagai job portal di internet sangatlah banyak. Dengan menggunakan bantuan online assessment platform yang berbasis teknologi AI, permasalahan di atas tentu akan teratasi. Sebab, teknologi tersebut akan membantu Anda dan HR People menyaring dan memilih kandidat yang paling sesuai dengan posisi yang sedang dibutuhkan saja. Teknologi ini diperkirakan dapat memangkas kandidat hingga 10 kali lebih akurat daripada proses rekrutmen konvensional. Dengan begitu, durasi pekerjaan Anda untuk menyaring kandidat pun akan terpotong. Walhasil, Anda bisa melakukan pekerjaan yang lainnya.


2.     Memudahkan dalam perekaman data

Online assessment platform dari ASI Asia Pacific tersimpan dalam penyimpanan berbasis awan (cloud server) yang mudah diakses dari mana pun dan kapan pun. Artinya, perekaman data diri dan hasil tes kandidat akan lebih mudah dilakukan oleh Anda dan tim. Pun jika Anda dan tim ingin mengakses data-data tersebut, Anda tinggal masuk (login) kea kun Anda pada platform tersebut. Kemungkinan membuang-buang waktu untuk mencari sebuah berkas pun tidak akan terjadi.


3.     Menghemat biaya

Tahukah Anda jika perusahaan Anda berlangganan online assessment platform itu lebih menguntungkan ketimbang mengadakan tes uji kompetensi langsung? Sebab dengan menggunakan platform ini, Anda dan perusahaan dapat memotong biaya pengadaan kertas, alat tulis, juga kebutuhan pencetakan. Meski terkesan sepele, namun jika dikalkulasikan untuk puluhan orang dalam satu kali tes, biaya ini tidaklah sedikit. Selain itu, menggunakan platform ini juga berarti Anda dan tim tidak perlu repot menyiapkan waktu luang dan ruangan untuk mengadakan tes kompetensi. Pasalnya, kandidat bisa langsung mengerjakan soal-soal tes tersebut di rumah masing-masing.


Demikianlah ulasan tentang online assessment platform serta tiga keunggulan yang dimilikinya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya.

 

0 komentar:

Posting Komentar