Senin, 09 November 2020

Apa Sih Investasi Itu dan Apa Saja Jenis – Jenisnya?

 

Investasi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah investasi. Mungkin anda sering mendengarnya di film film atau di berita yang di siarkan di televisi. Namun mungkin tidak semua orang paham tentang apa itu investasi itu seperti apa sebenarnya.

Invetasi merupakan kegiatan penempatan dana pada sebuah aset yang produktif dengan harapan bisa menghasilkan suatu hasil dari pertumbuhan nilai yang di hasilkan dari aset tersebut, namun dengan jangka waktu tertentu. Investasi sendiri dalam istilah lain merupakan lawan kata dari kata konsumsi, atau tindakan yang di lakukan pelaku ekonomi (baik itu individu ataupun kelompok) yang mengandung jasa ataupun dana untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Nah dilihat dari keadaan ekonomi yang ada yang hasilnya tidak selalu menguntungkan bahkan bisa di katakana tidak stabil, belajar investasi dapat menjadi langkah yang baik untuk bisa dilakukan oleh banyak orang agar bisa mendpatkan uang dengan jumlah yang bisa dibilang cukup besar.

Setaip orang yang memiliki penghasilan tetap bahkan tidak tetappunpatilah tertarik untuk melakukan investasi, entah itu untuk kebutuhan dirinya sendiri, ataupun untuk kebutuhan keluarga. Misalnya saja untuk biaya pendidikan anak anaknya kelak atau bahkan untuk jaminan  di hari tua nanti. Berinvestasi akan menjadi jalan terbaik untuk dapat merealisasikan keinginanan anda. 

Jika anda tertarik untuk berinvestasi, ada beberapa investasi yang dapat anda pilih. Jenis jenis investasi yang berbeda ini juga mempengaruhi hasikl yang nanyinya akan anda terima. Beberapa investasi itu seperti investasi emas, investasi pada bank, reksadana, saham, investasi pada mata uang asingatau biasa di sebut forex, property, hingga berinvestasi deposito.

Seperti yang telah di paparkan di atas, jenis investasi ini memiliki karakteristik yang berbeda  pada masing masing jenisnya  yang patut untuk diteliti. Pada masyarakat yang lebih konvensioanal, jenis dari investasi yang biasanya dipilih adalah membeli emas atau properti. Seperti logam mulai yang biasanya sering di jadikan koleksi. Memang tidak sulit untuk di perjual belikan kapanpun pemiliknya menginginkannya. Namun banyak orang mulai khawatir untuk menggunakan perhiasan emas, faktor utama adalah resiko hilang, entah itu Karena hilang di copet saat di pakai atau di rampok saat di simpan. Maka dari itu banyak orang yang lebih memilih untuk menginvestasikannya.

Ada beberapa tahap awal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan investasi. Seperti memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas dan terarah akan mempengaruhi cara investasi seperti apa harusnya langkah yang akan di lakukan dan diambil, itu semua di perhitungkan mulai dari segi jangka waktu, jenisnya hingga tempat dimana anda akan melakukan investasi tersebut.

Hal yang tak kalah penting yang harus anda perhatikan adalah banyaknya modal yang akan anda siapkan. Jadi ketika anda memutuskan untuk melakukan investasi, bijak bijaklah dalam menentukan keputusan anda. Agar tujuan dari anda melakukan investasi ini dapat tercapai sesuai dengan apa yang anda inginkan.  

0 komentar:

Posting Komentar