Sabtu, 07 Agustus 2021

5 Tips Jitu Untuk Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan

Mengatur Keuangan

 

Bagi kamu pasangan yang baru menikah, tidak ada salahnya untuk langsung membicarakan masalah keuangan dengan pasangan. Persiapan ini penting untuk masa depan, ketika kamu ada rencana untuk memiliki anak, rencana pendidikan anak, jaminan kesehatan keluarga, bahkan untuk dana pensiun dan asuransi jiwa warisan untuk anak-anak kelak. Semua keperluan terkait keuangan ini perlu persiapan yang matang dan pembicaraan dari hati ke hati dengan pasangan agar setiap tujuan tercapai. Jika kamu belum memulai untuk mengatur keuangan, mari simak artikel berikut.


                   Mulailah menabung. Masih belum memiliki tabungan? Kamu harus segera membuat tabungan dari pendapatan yang kamu peroleh. Tentukan segera persentase yang berpotensi untuk ditabung. Kamu bisa memulainya dengan satu tabungan, baik yang dipersiapkan untuk pendidikan anak, dana darurat, atau apa pun. Memiliki tabungan adalah hal yang mutlak untuk meminimalkan pengeluaran keuangan yang terlalu besar jika terjadi risiko di masa depan.


                   Menentukan anggaran keuangan. Dengan menentukan anggaran keuangan, kamu dan pasangan bisa mengetahui seberapa besar jatah uang, baik harian atau bulanan yang kamu keluarkan untuk masing-masing posnya. Seperti pengeluaran untuk listrik, bensin, kebutuhan pokok, bahkan untuk belanja baju atau sekadar hiburan seperti langganan televisi berbayar maupun sesekali memesan makan dari luar.


                   Memiliki asuransi. Biaya kesehatan tidak bisa dibilang murah, terutama nanti jika kamu dan pasangan sudah memasuki usia lanjut. Tidak ada salahnya memikirkan asuransi mulai dari awal pernikahan, baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Kedua asuransi ini sangat diperlukan karena keduanya akan melindungi kamu dari masalah finansial atas risiko kesehatan maupun kecelakaan diri yang mungkin terjadi di masa depan..


                   Mempersiapkan dana pensiun. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah dana pensiun. Dengan umur yang sudah tidak lagi produktif untuk bekerja, maka dana pensiun menjadi salah satu pertimbangan penting untuk dimiliki. Sebab, dana pensiun adalah sumber kekuatan finansial kamu di masa tua nanti.


                   Jual barang yang tidak diperlukan dan hindari pembelian impulsif. Tidak membeli barang baru mungkin bisa menghemat pengeluaran kamu dan pasangan. Namun, jika kamu memiliki terlalu banyak barang yang menumpuk di rumah dan tidak terpakai, tidak ada salahnya untuk menjualnya supaya dapat menambah penghasilan atau mengalokasikannya untuk tabungan. Salah satu caranya dengan menjual di e-commerce atau gunakan akun media sosial kamu untuk menjaring pembeli. Hindari pembelian barang secara impulsif dan tentukan mana barang yang kamu akan gunakan dan mana yang tidak.


Nah, dengan menerapkan beberapa tips di atas semoga bisa membantu kamu agar lebih cermat dalam mengelola keuangan, ya.

 

0 komentar:

Posting Komentar